Berita Terkini


Acara Ngopi Bareng Bupati, Pemkab Kendal Support Pelaku Pariwisata

Minggu, 20 Maret 2022 19:34:03

Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Ngopi Bareng Bersama Bupati Kendal dengan mengangkat tema "Strategi Pengembangan Pariwisata Kendal", Minggu (20/3/2022) yang laksanakan di Tempat Wisata Omahe Opa Kecamatan Patean.

Dalam acara tersebut, turut hadir bersama Bupati Kendal Dico M Ganinduto, diantaranya Pj. Sekda Kendal Sugino, Plt. Kepala Disporapar Kendal, Ircham, Kepala Diskominfo Kabupaten Kendal, Wiwit Andariyono, dan para Organisasi Perangkat Daerah terkait, serta diikuti oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kendal, para Kelompok Sadar Wisata Kendal (Pokdarwis) pelaku UMKM, dan para pegiat wisata lainnya di Kabupaten Kendal.

Dalam laporannya Pj. Sekda Kendal, Sugiono mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah yang pertama dilaksanakan di tahun 2022. "Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama dilaksanakan di tahun 2022, yang bertujuan untuk lebih mengembangkan potensi destinasi wisata di Kabupaten Kendal, agar kedepan lebih baik dan maju lagi," ujarnya.

Sugiono juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini akan terus dilaksanakan, karena selain menyerap aspirasi dari para pegiat wisata di Kabupaten Kendal, juga akan mensinergikan stakeholder terkait, karena untuk memajukan pariwisata membutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak.

Sementara itu, Bupati Dico menyampaikan, Pemkab Kendal akan terus berkolaborasi dengan semua pihak, baik PHRI, Pokdarwis dan para pegiat pariwisata di Kabupaten Kendal untuk kemajuan pariwisata di Kabupaten Kendal.

"Kita akan terus berkolaborasi dengan semua pihak, baik penggerak maupun pegiat pariwisata di Kabupaten Kendal, dan mengintegrasikan antara pariwisata yang di Kelola oleh pihak desa, swasta maupun yang dikelola oleh Pemkab Kendal, dengan harapan bisa saling mensupport, karena Pemkab Kendal fokus dengan pengembangan pariwisata, sehingga pasti kita akan mensuport para pelaku usaha yang akan mengembangkan pariwisata di Kabupaten Kendal," tutur Bupati Dico.

Lebih lanjut, Bupati Dico mengatakan, dengan berkembangnya pariwisata, tentunya lapangan pekerjaan akan terbuka luas bagi masyarakat Kendal, dan dapat mengenalkan Kabupaten Kendal pada Indonesia secara luas.

Menurut Bupati Kendal, saat ini Pemkab Kendal fokus pada 3 pengembangan wisata, yaitu pariwisata agro, bahari dan religi. Ia juga mengatakan, pariwisata di Kabupaten Kendal sudah mengalami peningkatan, terlihat dari meningkatnya wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Kendal, dari 420 ribu tahun 2020  menjadi 499 ribu di tahun 2021, dan ditargetkan tahun 2022 bisa mencapai 600 ribu wisatawan yang berkunjung.

"Di tengah pandemi sudah mengalami peningkatan, hal ini dikarenakan destinasi sudah mulai berkembang. Jadi kita optimis ketika nanti pandemi selesai, pariwisata di Kabupaten Kendal bisa lebih maju," tambah Bupati Kendal.

Bupati Dico mengungkapkan, akan memfokuskan pembenahan pada infrastruktur menju destinasi pariwisata, dan mensuport para pelaku usaha, sehingga akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Kendal.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan diskusi dua arah antara Bupati Dico dengan para pegiat pariwisata di Kabupaten Kendal. Selain itu, juga diserahkan hadia lomba Ngegombal Bupati Kendal yang diselenggarakan oleh Jurnalis Kendal (Jurnal) pada bulan lalu. Hadiah lomba diserahkan oleh Bupati Dico kepada 3 orang pemenang.

Diskominfo/HR


Indeks Berita