Berita Terkini


Pengukuhan Pengurus Dekranasda Kendal Periode 2021 - 2024

Jumat, 11 Juni 2021 13:34:41

Kendal - Bupati Kendal menghadiri acara pengukuhan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kendal periode 2021 - 2024, Jumat (11/6/2021).

 

Ketua Dekranasda Kendal Wynne Frederica, S.E.,BBA mengharapkan kepada pengurus Dekranasda untuk dapat mendorong potensi dari hasil UMKM yang ada di Kendal.

 

"Saya berharap kedepan UMKM kita bisa memiliki kemajuan yang nyata, saat ini beberapa UMKM juga sudah mulai memperbaiki kemasan dan ada juga yang sedang melakukan pelatihan untuk segera di Ekspor luar negeri," ujar Ketua Dekranasda Kendal

 

Wynne Frederica turut mengungkapkan meski Kabupaten Kendal untuk tahun ini tidak terpilih dalam kegiatan Dekranasda tahunan, pihaknya akan berusaha untuk menggaungkan Dekranasda Kendal pada tahun depan.

 

Sementara Bupati Kendal Dico M. Ganinduto berharap dengan adanya pengukuhan pengurus baru Dekranasda selain membantu perkembangan UMKM Kendal, diminta untuk target pasar luar negeri menjadi sasaran utama yang harus bisa dicapai.

 

UMKM Kendal yang terbilang cukup besar setidaknya terdapat 50 UMKM yang saat ini sedang melakukan pelatihan, agar produk dapat diekspor.

 

"Perhatian pemerintah terhadap UMKM sangatlah tinggi, maka dari itu saya mengharapkan jika Dekranasda Kendal ini bisa memperhatikan hasil dari UMKM kita, dengan mampu menjadi pendamping yang baik," jelas Dico M. Ganinduto

 

Adapun Bupati meminta agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan adanya Mal Pelayanan Publik (MPP), hal ini menyangkut adanya kerjasama pemerintah dengan pihak Digital Platform seperti Gojek, Grab dan Tokopedia yang dapat ikut memasarkan hasil UMKM maupaun kerajinan dari masyarakat.

 

"Di MPP yang saat ini sudah kita sediakan mungkin bisa menjadi awal dari para pelaku usaha untuk membuat produknya bisa dijual melalui online, maka dari itu Dekranasda yang merupakan mitra pemerintah nantinya bisa membimbing pelaku UMKM Kendal," jelas Dico M. Ganinduto.

 

Sementara terkait Ekspor, diharapkan nantinya layanan Ekspor juga akan segera tersedia di MPP dan bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dengan layanan satu atap.

 

(Diskominfo/AK).


Indeks Berita