Berita Terkini


BUPATI KENDAL BERSAMA KETUA RT/RW TERUS SOSIALISASIKAN PERBUP NOMOR 51

Kamis, 06 Agustus 2020 16:50:30

Kendal- Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik melakukan sosisalisasi tentang Peraturan Bupati (Perbup) Kendal Nomor 51 Juncto 56 Tahun 2020 bersama Ketua RT/RW se-Kawedanan Kecamatan Singorojo, Boja dan Limbangan (Siboli), Kamis (06/08/2020) yang dilaksanakan di Balai Desa Bebengan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Acara itu dihadiri oleh Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si, Kepala Kesbangpol Kendal, Marwoto, S.E Camat Limbangan, Camat Singorojo, Camat Boja dan diikuti oleh rKetua RT/RW se-Kawedanan Siboli.

Kepala Kesebangpol Kendal, Marwoto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan terbangunnya kesepahaman, kesamaan, keterpaduan visi, misi, persepsi dan strategi dalam rangka Percepatan^ Penanganan serta Pencegahan penyebaran Covid 19 diwilayah Kabupaten Kendal melalui pemberlakuan Peraturan Bupati Kendal Nomor 51 Juncto 56 Tahun 2020 tentang kewajiban menggunakan masker.

"Selain itu, juga intruksi Bupati Kendal  tentang Pemberdayaan Masyarakat dalam rangka Percepatan Penanganan Covid 19 di tingkat RW melalui Pembetukan Satgas Gotong Royong Jogo Tonggo serta kebijakan pemerintah lainnya terkait percepatan penanganan Covid 19. Selanjutnya nenampung dan menyerap serta mengantisipasi semua permasalahan yang terjadi wilayahnya masing-masing  terkait percepatan penanganan wabah Covid-19.

Acara dilanjutkan dengan sesi dialog. Dalam kesempatan ittu salah satu Ketua RW dari Desa Campurejo menanyakan bagaimana proses merujuk pasien yang terduga terkena virus covid-19. “Ijin bertanya kepada Ibu Bupati Mirna, jika ada warga yang terindikasi virus covid-19 bagaimana cara merujuk, dan apakah bisa diterima di rumah sakit tujuan,” tanya Purwanto.

Kemudian pertanyaan tersebut direspon oleh Bupati Kendal, Mirna Annisa. Ia mengatakan jika ada warga yang ciri-cirinya terindikasi terkena virus, agar diantar ke Puskesmas terdekat, sehingga secepatnya dapat diperiksa. “Proses merujuknya sangat mudah, jadi jika ada warga yang terkena penyakit demam, batuk dan matanya merah segera di rujuk ke Puskesmas untuk diperiksa, sehingga dapat diketahui apakah hanya penyakit biasa atau terpapar covid-19,” tuturnya.

Bupati Mirna Annisa juga mengajak seluruh Ketua RT/RW se-Kawedanan Siboli untuk menjaga diri dan lingkungannya masing-masing, sesuai dengan peraturan Pemerintah mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mejaga jarak fisik, dan mencuci tangan memakai sabun. Selain itu ia meminta agar program Jogo Tonggo benar-benar dilaksanakan di setiap RW.

“Harapannya agar Ketua RT/RW ini dapat menjadi agen-agen yang mampu mensosialisasikan terkait dengan penegakkan Peraturan Bupati Kendal Nomor 51 Juncto 56 Tahun 2020 di lingkungan masing-masing, agar dapat mengubah pola hidup yang lama dengan yang baru, yaitu sesuai dengan protokol kesehatan.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita