Berita Terkini


PEMKAB KENDAL BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA SISWA-SISWI BERPRESTASI

Senin, 09 Desember 2019 15:14:28

Kendal- Dalam rangka meningkatkan mutu dan mendukung peningkatan bakat, minat, dan prestasi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), maka diperlukan pemberian penghargaan kepada peserta didik berprestasi sebagai stimulan bagi peserta didik agar tertarik  menekuni bakat dan minat pada bidang-bidang kemampuannya dan tetap berupaya untuk selalu mengembangkan potensi diri untuk menggapai prestasi terbaik.

Hal itu telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal dengan memberikan beasiswa kepada 288 siswa-siswi berprestasi dari 41 sekolah SMP di Kabupaten Kendal  melalui Program Kendal Cerdas Jenjang SMP, Senin (8/12/2019) yang dilaksanakan di Pendopo Bahurekso Kendal.

Dijelasakan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal,  Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STP., M.Si., bahwa pemberian beasiswa siswa berprestasi Program Kendal Cerdas Jenjang SMP dimaksudkan untuk memberikan apresiasi atas prestasi peserta didik yang telah dicapai, dan memberikan motivasi untuk tetap berupaya selalu berprestasi.

Ia juga menjelaskan tujuan pemberian beasiswa kepada siswa berprestasi, pertama adalah untuk memberikan motivasi kepada peserta didik SMP untuk mengembangkan minat dan bakat di bidangnya masing-masing. Kedua, memberikan penghargaan kepada peserta didik SMP yang telah mencapai prestasi dalam perlombaan di bidang akademik  maupun non akademik pada tingkat kabupaten, eks karesidenan, provinsi, nasional, dan/atau intemasional. Ketiga, untuk memberikan motivasi kepada peserta didik SMP agar tetap berupaya meraih prestasi dan meningkatkan prestasi, dan yang keempat menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik untuk mengembangkan potensi dan prestasi.

“Besaran beasiswa untuk siswa-siswi berprestasi Program Kendal Cerdas Jenjang Sekolah Menengah Pertama yang diberikan bervariasi berdasarkan prestasi yang diraih, dan standarisasi biaya tahun anggaran 2019 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal. Untuk lomba tingkat  Kabupaten Kendal/Eks Karesidenan juara 1 hingga juara harapan besarannya mulai Rp 750.000 - 2000.000, lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah Rp 1.500.000 - 3.000.000, lomba tingkat Nasional Rp 2000.000 - 4000.000, dan lomba Internasional Rp 3000.000 - 6000.000 per orang/ regu,” terang Wahyu Yusuf.

Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, semoga peserta didik SMP dapat mempertahankan dan meningkatkan prestasi di bidangnya masing-masing untuk terus mengharumkan nama Kabupaten Kendal tercinta. Ia juga menuturkan adahal yang perlu dipahami oleh peserta didik, bahwa Bapak/Ibu guru adalah orang tua saat di sekolah, sehinnga harus dijadikan teman curhat, karena orang tua harus bisa menjadi sabat buat anak-anaknya.

Para peserta didik berprestasi ini mendapat Pekerjaan Rumah dari Bupati Mirna, agar bisa bermanfaat untuk orang lain, minimal tiga orang menjadi teman asuh, yang  artinya bisa berbagi ilmu kepada tiga temannya.

Sementara itu, Agus Tio Faisal Nizar salah satu siswa yang mendapatkan beasiswa Rp. 2.500.000 dari SMP Negeri 1 Boja yang mendapatkan medali perunggu dalam lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) IPS, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah memberikan penghargaan kepada  para siswa-siswi berprestasi. “Atas wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah diberikan, pastinya kami lebih semangat dan akaN belajar lebih giat lagi,” katanya.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita