Berita Terkini


DISKOMIMFO KENDAL BERI PELATIHAN DIGITAL MARKETING PROMOSI DESA WISATA

Selasa, 03 Desember 2019 19:27:07

Kendal- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal mengadakan Diseminasi Informasi dengan tema " Teknik Digital Marketing Pengembangan Desa Wisata", Selasa (3/12/2019) bertempat di Balai Kelurahan Pekauman Kendal, Jawa Tengah.

Kegitan tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Bekti Retno Mustikasari, S.STP., mewakili Plt. Kepala Diskominfo Kendal, Wiwit Andariyono, S.STP., Kepala Seksi Publikasi dan Informasi, Heri Sutoko, S.E, beserta dengan para staf, dan diikuti oleh 40 orang peserta dari pegiat desa wisata dan Ketua Kelompok Sadar Wisata di Kabupaten Kendal.

Dalam acara itu menghadirkan 2 narasumber, yaitu Rofiq Bahtiar dari Gapura Digital dan Unggul wartawan dari Kedaulatan Rakyat.

Dalam laporanya Heri Sutoko, S.E., menyampaikan maksud dan tujuan kegitan ini diantaranya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat tentang dasar-dasar manajemen wirausaha khususnya usaha pariwisata dan meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta perilaku generasi muda yang tergabung dalam komunitas media sosial untuk berwirausaha untuk berkontribusi dalam informasi pembangunan daerah baik di media mainstream maupun di media sosial,

Selain itu, lanjut Heri Sutoko, "untuk meningkatkan peran generasi muda untuk memanfaatkan kemajuan teknologi untuk haI-hal yang positif dan produktif, terutama dalam pemasaran dan pengembangan wisata secara online, dan meningkatkan peran serta generasi muda di Kabupaten Kendal dalam menyebarluaskan informasi  pembangunan Kabupaten Kendal di berbagai media yang ada".

Sementara Kabid IKP Diskominfo Kendal, Bekti Retno Mustika Sari dalam sambutannya menyampaikan, "sejalan dengan tema kali ini, bahwa di era digitalisasi informasi membuka peluang yang luas bagi siapapun untuk maju, informasi yang sangat melimpah menyediakan manfaat yang besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun peningkatan kesejahteraan, sehingga bagaimana kita bisa memanfaatkan medias sosial sebagai sarana penyampaian informasi yang benar dan tepat, sekaligus menjadi sarana pengembangan bisnis atau usaha bagi masyarakat untuk mempromosikan usahanya dengan lebih cepat melalui saluran atau channel online yang ada".

"Diseminasi lnformasi adalah penyebaran informasi dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota kepada masyarakat, baik diminta maupun tidak diminta yang dapat dilakukan melalui media massa dan atau media komunikasi lainya dan atau lembaga/lembaga komunikasi masyarakat, hal ini sejalan juga dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008," terang Mustika Sari.

Ia berharap, melalui penyelenggaraan kegiatan ini merupakan  momentum untuk menyatukan langkah, meningkatkan kerjasama dalam upaya memperkuat komitmen bersama sehingga pengembangan wisata di Kabupaten Kendal akan lebih dikenal luas oleh masyarakat di luar Kabupaten Kendal lewat media sosial yang ada, baik melalui instagram, facebook dan lainnya juga dengan aplikasi android yang ada. 

"Saya minta agar peserta kegiatan ini yang sekaligus sebagai anggota kelompok desa wisata dapat berdiskusi dan menggali pengetahuan dengan narasumber dari Google Bisnis Gapura Digital Semarang dan Wartawan Kedaulatan Rakyat," tutur Kabid IKP tersebut.

Bekti Retno Mustika Sari juga menyampaikan terkait informasi bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal membuka pendaftaran untuk penerimaan penghargaan award dengan delapan kategori untuk pegiat, dengan cara pengajuan usulan bisa diakses melalui www.kendalkab.go.id/pengumuman.

Pada acara tersebut Unggul Priambodo memaparkan materi tentang teknik penulisan berita promosi wisata dan Rofiq Bahtiar memaparkan materi dengan praktek digital marketing.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita