Berita Terkini


PEMBENTUKAN MODEL SEKOLAH SEHAT PERLU SINERGI SEMUA PIHAK DI KENDAL

Selasa, 03 Desember 2019 15:11:26

KENDAL - Sekolah Sehat di Kabupaten Kendal perlu dipersiapkan sejak dini dengan pembentukan satu model sekolah sehat yang ditunjuk oleh Pemkab melalui Dinas pendidikan dan Kebudayaa sebagai leading sectornya. Sekolah yang memenuhi kriteria kesehatan akan menunjang anak didik meningkatkan prestasi belajarnya karena ditunjang lingkungan yang sehat dan nyaman.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal dr. Budi Mulyono saat membuka kegiatan Rakor Pembentukan Model Sekolah Sehat, Selasa (3/12/2019) di Ruang Cendrawasih Agrowisata Tirto Arum Kendal.  Menurutnya untuk membentuk model sekolah sehat sebagai percontohan memerlukan dukungan berupa sinergi dari seluruh OPD terkait untuk mewujudkannya.

“Dengan dukungan dan upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Kendal maka tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak segera dengan giat mengelola UKS/M dengan sebaik mungkin untuk mewujudkan Sekolah Sehat. Sebab kesehatan anak-anak kita, generasi muda kita adalah aset dalam menciptakan SDM yang berkualitas lahir dan batin,” ungkap Budi.

Untuk mewujudkan sekolah sehat, pihaknya melaksanakan langkah-langkah menuju sekolah sehat dengan menyusun program sekolah sehat, sosialisasi kepada warga sekolah, sosialisasi kepada komite sekolah, kerja sama dengan instansi terkait seperti puskesmas, PKK dan masyarakat sekitar, membentuk team sekolah sehat, studi banding, membuat portofolio dan pelaksanaan program kerja.

“Penting sekali untuk dipersiapkan sejak dini, jika ada kekurangan agar dapat diperbaiki lebih awal,” tandasnya.

Sementara Kepala Seksi kesehatan Keluarga dan Gizi, Endang Jumini, S.Gz menyebut adapun beberapa langkah upaya telah disiapkan agar pembentukan Sekolah Sehat ini bisa dilakukan dengan optimal.

Antara lain menyelenggarakan rapat koordinasi Tim Pembina UKS/M secara rutin dan pembinaan UKS/M secara berjenjang, mengaktifkan keberadaan kesekretariatan UKS/M dengan penyediaan Ruang Khusus Sekretariat UKS dan sarana penunjangnya, mendorong Camat untuk segera membentuk Tim Pembina UKS/M tingkat Kecamatan dan mengusulkan kegiatan dalam rangka pembinaan dan pengembangan UKS di tingkat kecamatan, memberi dukungan anggaran dan pembinaan pengembangan UKS/M, mendorong Kepala Sekolah/ Madrasah untuk mengambil kebijakan internal yang mendukung terlaksananya program UKS/M di sekolah/madrasah.

Sedangkan Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya kesehatan Budi Suprawito, SKM, M.Kes saat menutup Rakor yang diikuti OPD terkait mengatakan, Sekolah Sehat hendaknya dipilih satu sekolah saja dan didukung penuh semua pihak serta yang menjadi model bukan sekolah secara fisik saja melainkan para siswa itu sendiri juga sebagai bagian dari kesehatan di sekolah. "Tidak hanya fisik bangunannya saja namun juga penghuninya yakni siswanya juga menjadi contoh siswa yang sehat," terangnya. ( Kominfo / heDJ )







 






Indeks Berita