Berita Terkini


BAPERLITBANG FASILITASI PARA PELAKU UKM MELALUI TEMU USAHA DAN KEMITRAAN

Selasa, 26 November 2019 13:38:52

Kendal- Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Kendal adakan kegiatan Temu Usaha (Match Making) dan Kemitraan bagi Pelaku UKM Kendal dengan tema "Optimalisasi Pemasaran Produk UKM Kendal Menuju Pasar Global", Selasa (26/11/2019) bertempat di ruang Cenderawasih Tirto Arum Baru Kendal, Jawa Tengah.

Acara tersebut dihadiri oleh  Sekretaris Baperlitbang Kendal, Puji Astuti, S.E., mewakili Kepala Baperlitbang Kendal, Drs. Agus Sumaryono. Pada acara itu menghadirkan 3 narasumber yaitu Ir. Puji Yuwono dari Dinas Perdagangan Kendal, Istikanah Direktur CV. Indo Arab Enterpreize, dan Marjoko, S.T., MBA, M.Sc., dari Rumah UMKM Jawa Tengah. Diikuti 50 orang yang terdiri dari OPD terkait dan  Klaster Usaha/ UKM Kendal.

Dalam laporannya ketua pelaksana, Mulyadi, S.E., M.M., menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan kegitan tersebut. "Acara ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para Klaster Usaha /UKM Kendal dengan Pelaku Usaha yang sudah mapan/maju, dan bertujuan berinteraksi secara langsung para Klaster Usaha/UKM Kendal dengan Pelaku Usaha yang sudah mapan/maju, meningkatkan jejaring atau kemitraan dan perluasan pemasaran produk-produk UKM Kendal, serta menambah wawasan bagi Klaster Usaha/ UKM Kendal dalam jejaring pemasaran produk," ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Sekretaris Baperlitbang, Puji Astuti menyampaikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki pasar strategis dalam pembangunan ekonomi daerah, sebab, selain memberi  kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah juga nasional, serta menciptakan lapangan kerja  dan mengurangi angka pengangguran.

"Pengembangan sektor UMKM tidak dapat dilakukan secara parsial, namun memerlukan pendekatan yang komprehensif dan stimulan  dari seluruh unsur. Temu usaha dan kemitraan kali ini dengan tema Optimalisasi Pemasaran  Produk UKM Kendal Menuju Pasar Global, dengan tema tersebut mengandung arti bahwa sebagai upaya memfasilitasi pemasaran UKM yang lebih luas dan dapat menembus pasar ke luar daerah maupun ke negara lain," tutur Sekretaris Baperlitbang Kendal tersebut.

Lanjut Astuti, secara umum UMKM masih memiliki sejumlah kendala dalam pengembangannya, di era pasar global ini UMKM dituntut untuk berinovasi, kreatif dan meningkatkan kualitas produk sehingga mampu daya saing. Negara Indonesai merupakan pangsa pasar yang besar yang diperebutkan oleh seluruh pelaku usaha di kawasan ASEAN.

Menurutnya, membangun semangat inovasi dan kreativitas merupakan kunci utama memenangkan persaingan kreativitas dan inovasi akan meningkatkan daya saing UMKM yang mampu menekan biaya produksi serendah mungkin.

Ia juga menyatakan, berdasarkan data Kabupaten Kendal memiliki pelaku UMKM yang jumlahnya cukup besar sekitar 32 ribu lebih, hal tersebut menjadikan potensi dalam peningkatan perekonomian daerah. UMKM daerah sering terkendala dalam pemasaran produknya, mereka dapat menghasilkan produk tapi kadang kesulitan memasarkan hasilnya karena minimnya jaringan pemasaran.

 

Astuti menuturkan, temu usaha dan kemitraan merupakan langkan yang pas untuk memfasilitasi kebutuhan UKM terkait dengan pemasaran produk. Oleh karena itu, temu usaha dan kemitman ini dapat dijadikan ajang sarana memperluas pemasaran.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi dan terima kasih atas diselenggarakannya temu usaha dan kemitraan seperti ini dengan penuh harapan kegiatan ini membuahkan hasil yang positif dan bermanfaat bagi kita sekalian.

Pada acara itu, narasumber Marjoko, S.T., MBA., M.Sc., menyampaikan materi tentang  perluasan pemasaran produksi UKM, Ir. Pujiyono dari Dinas Perdagangan menyampaikan pemaparan materi Peran pemerintah daerah dalam pemasaran Produk UMKM di Kabupaten Kendal, dan Hj. Istikanah dari CV Indo Arab Enterpreize dan PT Indokanah Abadi menyampaikan Kiat-Kiat Menjadi UKM Handal.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita