Berita Terkini


KENDAL GELAR UPACARA HARI PRAMUKA KE 57 "PRAMUKA PEREKAT NKRI"

Selasa, 14 Agustus 2018 13:11:03

KENDAL - Para siswa SD, SMP, SMA dan SMK atau setingkat se Kabupaten Kendal melaksanakan upacara Peringatan Hari Pramuka Ke 57 yang mengusung tema "Pramuka Perekat NKRI", Selasa (14/8/2018) di lapangan SMAN 1 Kendal.

Wakil Bupati Kendal Drs. Masrur Masykur mewakili Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si menyampaikan ucapan Selamat Hari Pramuka ke-57 kepada seluruh jajaran dan keluarga besar Gerakan Pramuka di Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannnya, Wabup berharap, peringatan Hari Pramuka tahun 2018 ini, dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian Gerakan Pramuka, untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa masa depan yang handal dan lebih baik.

"Saya optimis dan percaya bahwa Perkemahan adalah metode paling efektif untuk menyatukan anak-anak muda. Di bumi perkemahan, segala perbedaan menjadi kekuatan, di bumi perkemahanlah anak-anak muda belajar tentang Indonesia dengan segala kebhinekaannya. Pramuka adalah perekat NKRI melalui kegiatan-kegiatan luar ruangan yang menyenangkan," ucapnya.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini mengangkat tema "Pramuka Perekat NKRI". Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

Gerakan Pramukauntuk dapat memanfaatkan dengan baik media sosial, jadikan “Setiap PramukaAdalah Kantor Berita”, yang artinya bahwa anggota pramuka harus lebih aktif, produktif dan kreatif dalam menyuarakan atau mengabarkan keadaan di sekitarnya. Menolak berita palsu atau hoax. Pramuka tidak sekedar hanya menjadi konsumen informasi, tapi juga menjadi produsen informasi. Selain memberitakan informasi di media sosial, pramuka juga merespons dan menolongnya di tempat. Inilah spiritbaru gerakan pramuka di era sekarang ini.

Wabup Masrur berharap, gerakan pramuka selalu diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealiasikan visi-misinya, khususnya terhadap pelaksanaan pembentukan karakter kaum muda. "Sebab, kita sangat yakin bahwa pramuka inilah garda terdepan bangsa, garda terdepan pancasila, yang merupakan aset pentingbagi keutuhan NKRI," tandasnya.

"Untuk itu, saya menghimbau kepada para orangtua danguru, agar tidak ragu-ragu memberikan kesempatan sekaligus dukungannya kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan digugus depan masing-masing. Selanjutnya, kepada seluruh jajaran gerakan pramuka Kabupaten Kendal baik sebagai Majelis Pembimbing, Andalan, Pelatih, Pembina, Pamong Saka maupun Instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda Kendal yang berkepribadian luhur, berkarakter, handal dalam berfikir dan bertindak, serta memiliki jiwa bela negara," ajak Wabup Masrur. ( Kominfo / heDJ )

 


Indeks Berita