Berita Terkini


KOPERASI HARUS MELAKUKAN LOMPATAN INOVASI

Kamis, 12 Juli 2018 16:14:43

Kendal ~ Koperasi harus melakukan lompatan inovasi. Mulai dari proses produksi sampai  pemasaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi secara digital. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Moch Toha, ST. M,Si, selaku pembina upacara mewakili Bupati Kendal pada upacara Peringatan Hari Koperasi ke 71, Kamis (12/7), di Alun-alun Kendal. Sebagai kekuatan ekonomi yang berdikari, koperasi menumbuhkan jiwa entrepreneur sekaligus menjadi kekuatan kolektif karena merupakan soko guru perekonomian nasional dan daerah.

Dijelaskan, daya saing bisnis saat ini ditentukan oleh kreativitas dan inovasi dari pelaku bisnis sendiri. Oleh karena itu, bupati mengajak seluruh gerakan koperasi di Kabupaten Kendal untuk melakukan refleksi dan evaluasi diri  terhadap kondisi internal maupun eksternal. Koperasi harus memiliki tekad kuat dan upaya besar untuk melakukan perubahan secara fundamental dan konsisten dalam menerapkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi.

Melalui Sekda Kendal, bupati menyampaikan harapan agar ke depan koperasi dapat dikoneksikan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) karena merupakan tulang punggung perekonomian desa. Dengan terjadinya koneksitas antara koperasi dan BUMdes maka akan terjalin sinergi positif sehingga perekonomian desa makin tumbuh dan maju. Diingatkan agar koperasi benar-benar mensejahterakan anggotanya dan melindungi produk-produk yang dihasilkan para anggota termasuk produk dari daerah  Kabupaten Kendal.

Pada momen hari ulang tahun koperasi yang juga dihadiri wakil bupati, jajaran forkopimda dan para piminan OPD tersebut, Bupati menyampaikan ucapan selamat ”Dirgahayu Gerakan Koperasi” dan mengungkapkan rasa terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada segenap keluarga besar gerakan koperasi di Kabupaten Kendal. Gerakan koperasi di Kendal dinilai sangat berperan dan memberikan kontribusi dalam memajukan ekonomi kerakyatan di daerah. Manfaat ekonomi koperasi secara sosial dan keadilan telah dirasakan sebagaimana tujuan dan harapan dari masyarakat. (e-Kominfo).


Indeks Berita