Berita Terkini


PONPES KI BODO DAN KODIM KENDAL GELAR KIRAB MERAH PUTIH

Selasa, 13 Desember 2016 06:55:13

SUKOREJO - Pondok Pesantren (Ponpes) Ki Bodo Sukorejo dan Kodim 0715/Kendal menggelar Kirab Al Karomah,  Merah Putih dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Juang Kartika. Kirab diikuti ribuan peserta dari berbagai elemen masyarakat. Pembukaan kirab dipimpin Komandan kodim 0715/Kendal Dandim Letkol Inf Piter Dwi Ardianto di Lapangn Sepakbola Desa Selokaton Kecamatan Sukorejo, Minggu (11/12) pagi.

Pembukaan kirab diikuti Muspika Kecamatan Sukorejo, Pengasuh PP Ki Bodo Gigik, perwakilan Keraton Yogyakarta Raden Awani, Danramil Sukorejo, Pageruyung dan Plantungan, Laskar Al Karomah, Pagar Nusa, Banser se eks Selokaton, IPNU-IPPNU eks Selokaton, Pemuda Pancasila, Tim Taekwondo Polres Kendal, Banser Temanggung, Magelang dan Wonosobo, hingga pemerhati budaya asal Irlandia Ananda.

Ribuan peserta kirab tampak memadati Lapangan Sepakbola Desa Selokaton. Mereka  terdiri dari pasukan Forider, pasukan pembawa spanduk Kirab Merah Putih, pasukan Banser pembawa bendera merah putih, Tentara Nasional Indonesia (TNI), prajurit Lombok Abang Keraton Yogyakarta, pasukan Banser pembawa panji-panji. Kemudian, sesepuh Keraton Yogyakarta, pengiring sesepuh, prajurit patangpuluhan Keraton Yogyakarta, pasukan pembawa lima tumpeng agung berisi nasi, buah dan sayur, pemuda pancasila, pencak silat Pagar Nusa, dan tim taekwondo Polres Kendal, serta ditutup oleh pasukan seni dan budaya. 

Sebagai inspektur upacara dalam pembukaan kirab itu adalah Dandim Letkol Inf Piter Dwi Ardianto. Usai pembacaan doa, ribuan peserta melakukan kirab dengan  jarak tempuh  empat kilometer. Kirab  dimulai dari Lapangan Sepakbola Desa Selokaton dan  berakhir di Ponpes Ki Bodo. Dalam kirab itu, semua peserta memakai ikat kepala merah putih berukuran 8 sentimeter panjang 1 meter.

Saat peserta kirap sampai di Ponpes Ki Bodo, acara dilanjutkan penyerahan bendera merah putih oleh  pengasuh Ponpes Ki Bodo Gigik  kepada Dandim Kendal Letkol Inf Piter Dwi Ardianto. Setelah itu, giat dilanjutkan dengan acara grebek tumpeng oleh peserta kirab dan warga yang hadir. Dandim Letkol Inf Piter Dwi Ardianto, mengatakan, sebagai warga negara Indonesia  dengan gagah yang sudah berani melingkarkan merah putih di leher dan kepala  konsekwensinya siap dipengal untuk mempertahankan merah putih dan negara Indonesia."Merah putih adalah simbol dan jangan pernah kita lelah untuk merawat dan mencintainya. Bangsa Indonesia bisa berdiri tegak sampai saat ini karena ada kita semua," kata dia.

Piter, mengungkapkan, Indonesia tidak berdiri karena persamaan, tetapi terbentuk karena perbedaan baik warna kulit, suku, ras, agama dan lain sebagainya. Oleh karenanya, jangan pernah mau bangsa ini dipecah belah oleh orang yang mempunyai kepentingan tertentu. Mereka tidak datang dengan pasukan yang banyak, pesawat yang banyak tapi mereka datang dengan tehnologi. "Indonesia terbentuk atas keberagaman, jangan pernah terpecah demi NKRI, kita harus bersama-sama merawat merah putih dan negara Indonesia sepenuh jiwa dan raga. Mari kita pertahankan setiap jengkal tanah dengan  darah dan jiwa kita," tegas dia.  Setelah pelaksanaan kirab Al-Karomah Merah Putih dan grebek tumpeng dilanjutkan dengan kegiatan istighosah akbar, santunan yatim piatu, pengajian dan hiburan kethoprak...(05a/hms)


Indeks Berita