Berita Terkini


PULAU TIBAN DESTINASI WISATA YANG MULAI DILIRIK WISATAWAN

Senin, 11 April 2016 14:59:21

Pulau Tiban yang termasuk dalam wilayah desa Kartikajaya Kecamatan Patebon, adalah destinasi wisata yang kini mulai ramai dikunjungi wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Disebut pulau tiban karena menurut penuturan warga setempat, awalnya dilokasi tersebut tidak dijumpai adanya daratan yang menyembul ke permukaan. Namun seiring perjalanan waktu permukaan daratan lambat laun mulai menyembul dan nampak seperti pulau.

Kondisi ini membuat warga tertarik untuk melirik, dan kemudian menanaminya dengan tanaman yang cocok tumbuh di pantai seperti cemara, brayo juga mangrove. Mangrove dianggap sebagai tanaman paling cocok di tempat ini, selain mudah mendapatkannya bibit, mangrove juga mudah ditanam. Disamping itu mangrove memiliki akar yang kuat terhadap terpaan ombak, sehingga keberadaannya bisa dimanfaatkan untuk menahan ombak agar terhindar dari abrasi.

Diperkirakan pada sekitar tahun 2014, pulau tiban benar-benar sudah menampakkan dirinya sebagai sebuah daratan yang memanjang dari arah barat ke arah timur sepanjang hampir 1 kilometeran. Luas daratannya terus bertambah. Karenanya kemudian warga menamai dengan sebutan pulau Tiban.

Kini warga setempat mulai membidik akan keindahan pulau tiban. Keindahan pulau Tiban mulai digarap untuk dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata. Dan dibentuklah Kelompok Sadar Wisata Kartika (Kartika Beach) sebagai wahana bertemunya warga untuk bersama-sama membuat pulau Tiban benar-benar bisa menjadi destinasi wisata unggulan.

Kini sudah ada dermaga sederhana tempat parkir perahu pengangkut pengunjung yang akan ke lokasi pulau Tiban. Ongkos angkut untuk pergi-pulang dengan perahu tradisional, pengunjung dibebani ongkos senilai 13 ribu rupiah, sedangkan bila menggunakan kapal sejenis speed boat pengunjung harus merogoh kocek sedikit lebih banyak yaitu 20 ribu rupiah.

Sepanjang perjalanan menelusuri sungai, pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan di kanan-kiri dan indahnya hamparan pohon bakau. Tidak hanya itu pengunjung juga bisa menikmati burung laut beterbangan seolah menyambut kedatangan wisatawan.

Perjalanan menjadi nyaman karena selain desiran angin pantai yang sepoi-sepoi, ombaknya juga tampak bersahabat, sebab ombak dari lautan sudah tertahan oleh keberadaan pulau Tiban. Yah....pulau Tiban yang masuk wilayah desa Kartikajaya Kecamatan Patebon, kini sudah mulai dilirik wisatawan lokal. Kondisinya masih alami, tanaman masih liar terhampar. Campur tangan pihak terkait nampaknya mulai diperlukan, agar keberadaan Pulau Tiban bisa menjadi lebih indah dan tertata. Warga sangat senang hati bila kemudian pemda segera turun tangan.

"Kami berharap pemda bisa memberikan perhatian khusus untuk masa depan pulau Tiban. Kami dari kelompok sadar wisata kartikajaya dengan senang hati apabila pemda mengelola pulau Tiban dengan harapan bisa memberdayakan masyarakat setempat dan menjadikan ikonnya Kendal. Akan tetapi warga menolak bila dikelola investor", ungkap ketua kelompok sadar wisata kartikajaya, Martono.

Lokasi pulau Tiban dari jantung kota kendal berjarak sekitar 18 kilometer. Untuk menuju ke lokasi ini belum ada angkutan umum. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua. Pengujung tidak perlu khawatir akan keberadaan kendaraan sesampainya di lokasi, sebab warga sudah menyiapkan tempat parkir. Selamat berlibur. (kris/hms)


Indeks Berita