Berita Terkini


MENTERI TENAGA KERJA : GUNAKAN BANTUAN ALAT K3, JANGAN DIJUAL

Jumat, 05 Februari 2016 09:58:18

KENDAL - Menteri Tenaga Kerja RI M. Hanif Dakiri mengajak para nelayan penerima bantuan peralatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) untuk mempergunakan dengan sebaik-baiknya peralatan keselamatan tersebut pada saat melaut mencari ikan. Demikian disampaikan Menaker dalam kegiatan Sosialisasi K3 bagi 400 nelayan dari Bandengan Kecamatan Kota Kendal dan Gempol Sewu Kecamatan Rowosari dan penyerahan bantuan alat keselamatan pelayaran sejumlah 400 paket, Kamis sore ( 4 / 2 ) di Rumah Makan Salsabil Brangsong.

Pemerintah Pusat khususnya dari Kementrian Tenaga Kerja, menurut Hanif, menaruh perhatian pada para nelayan yang bertaruh nyawa untuk bekerja menghidupi anak dan istri dengan mencari ikan di laut. Sehingga diperlukan alat pengaman untuk meminimalkan kecelakaan kerja atau resiko ketika menangkap ikan diantaranya saat cuaca buruk dengan gelombang yang besar.

Menurut Menaker, keselamatan dan kesehatan kerja menjadi harus menjadi perhatian semua pihak baik pemerintah, pengusaha maupun individu baik di sektor informal ( kantor atau perusahaan ) dan informal ( bekerja mandiri ). Keselamatan dan kesehatan kerja sangat terkait dengan produktifitas sehingga harus diperhatikan dengan sungguh - sungguh sebagai hal yang sangat penting. " Jika Bapak - Bapak nelayan sehat dan selamat dalam menagkap ikan di laut, tentu hasil tangkapan ikan juga relatif banyak," terang Menaker.

Sebagai tulang punggung keluarga dalam mencari nafkah di laut para nelayan dituntut untuk berhati - hati menjaga kesehatan dan menjauhkan diri semaksimal mungkin dari bahaya ketika melaut. OLeh sebab itu Pemerintah, lanjut Hanif, terus melakukan sosialisasi budaya K3 di semua sektor termasuk sektor informal dan memberikan bantuan peralatan K3. Pada akhirnya dengan telah dilakukannya K3 sebagai budaya dalam bekerja maka hasil kerja bisa maksimal dengan produktifitas tinggi dan daya saing juga meningkat.

" Saya meminta pada bapak bapak nelayan untuk menjadikan K3 sebagai budaya hidup dalam bekerja setiap hari," kata Menaker. Penggunaan peralatan K3 bertujuan untuk menghindari resiko dalam bekerja serta penyakit - penyakit yang ditimbulkan saat bekerja.

Kegiatan sosialisasi K3 bagi para nelayan Kabupaten Kendal tersebut dihadiri oleh anggota Komisi A DPR RI dari Fraksi PKB Alamudin Dimyati Rois yang berasal dari Kaliwungu,  Dinas Sosial Tenaga Kerja dan transmigrasi Provinsi Jawa tengah, Dirjen Kemenaker yang membidangi K3 dan Kepala Disnakertrans kabupaten Kendal Dra. Dewi Diniwati. ( 03 / heDJ )

 

 

 


Indeks Berita