INPUT SUARA WARGA


SUARA WARGA



Kamis, 06 Mei 2021 05:19:04
Pengirim JAKA SANTOSA
Opini:
Mohon sektor perikanan IKAN HIAS air tawar dapat di bantu untuk dikembangkan di kabupaten Kendal Yang selama ini masih dipandang sebelahmata. Sektor ikan hias memiliki potensi yg sangat besar dalam penguatan ekonomi rakyat. Mohon kpd Bpk/ibu Pejabat yg berwenang untuk sedikit meluangkan perhatian di sektor ikan hias. Agar kendal dapat dikenal lebih mendunia.

Tanggapan: (Senin, 10 Mei 2021 09:07:24)

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Jaka Santosa pada sub sektor perikanan budidaya ikan hias. Kami sependapat dengan Bapak Jaka Santosa soal potensi ikan hias ini. Apalagi selama pandemi Covid-19, demam ikan hias pun sempat menjangkiti masyarakat. Baik sekadar memlihara sebagai hobi, maupun membudidayakannya secara rumahan. Ikan cupang atau Betta sp. misalnya, adalah salah satu yang paling menyedot perhatian masyarakat selama pandemi Covid-19. Ikan yang sebelumnya tenar untuk diadu, kini menjadi pajangan para pecinta ikan hias. Warnanya yang beragam serta cara pemeliharaannya yang relatif mudah menjadi daya tarik tersendiri ikan ini.
Cukup dengan toples atau di dalam aquarium saja. Jadi sebenarnya ini potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Selain modalnya tidak terlalu mahal, di era digital ini pun pedagang bisa berjualan dalam jaring (daring).
Kemajuan internet dan teknologi digital turut mempermudah pemasaran produk perikanan seperti ikan hias. Banyak masyarakat yang lebih memilih untuk belanja online di tengah kondisi pandemi karena lebih mudah dan banyak pilihan sehingga turut memperluas pasar.
Belum lagi, harus diketahui bahwa industri ikan hias, tidak hanya ikan hias dan tanaman hias air saja, melainkan industri turunannya seperti aquarium, pernak-pernik aksesoris pelengkap, jasa perawatan aquarium, dan lain-lain. Karenanya, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal mengajak para pemangku kepentingan untuk saling berkolaborasi dan bersinergi guna mendorong kemajuan industri ikan hias di Kabupaten Kendal.
Bapak Jaka Santosa, dapat kami sampaikan dalam RPJMN 2020-2024 juga terdapat strategi pembangunan ikan hias seperti peningkatan produksi dan mutu; perdagangan dan promosi; konservasi spesies dan habitat ikan endemik; keterpaduan data dan informasi; juga sosialisasi dan edukasi publik.
Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal berpendapat bahwa budidaya ikan hias layak untuk dijadikan komoditas unggulan dalam budidaya karena memiliki berbagai keunggulan seperti sistem budidaya yang tidak memerlukan lahan yang luas, nilai jual yang lebih tingi dibandingkan dengan ikan konsumsi serta perputaran uang yang lebih cepat dalam usaha sehingga pelaku usaha dapat lebih cepat dalam pengembalian modal.
Pada awal tahun 2020 lalu Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal melakukan kegiatan pameran Ikan Hias di GOR Bahurekso selama 3 hari guna mendukung peningkatan ikan hias Kabupaten Kendal, sementara besok tanggal 20 Mei 2021 bertempat di Aula DKP Kendal akan diadakan diseminasi ikan hias melalui pelatihan sehari yang akan mengundang narasumber dari praktisi ikan hias. Jika berkenan, Bapak Jaka Santoso kami undang dalam pelatihan ini.
Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal juga akan, sedang dan terus melakukan koordinasi dengan asosiasi serta pelaku usaha ikan hias untuk dapat mensinkronkan program. Sebagai informasi pada tahun 2020 Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menyalurkan bantuan sarana dan prasarana budidaya ikan hias sebanyak 50 paket bantuan kepada masyarakat berupa benih, pakan, wadah budidaya, obat-obatan, sarana budidaya seperti instalasi air dan listrik, serta peralatan pendukung lainnya. Untuk tahun 2021 Kementerian Kelautan dan Perikanan akan kembali menyalurkan paket bantuan budidaya ikan hias sebanyak 150 paket.
Semoga pandemi cepat berlalu sehingga ada alokasi anggaran lebih banyak dari APBD Kendal untuk sub sektor budidaya ikan hias ini, atas masukan Bapak Jaka Santosa kami sampaikan teriama kasih.

Selasa, 04 Mei 2021 14:50:57
Pengirim R Bambang Sadwinarko
Opini:
Admin,,,gmana nih,,sy sdh daftar bpum tgl 20 april,,,knp sampai skrg blm ada kbr ???,,sy cek d online blm terdaftar,,,gmana nih,,nama sy sdh d daftar kan blm yaaaaaaaaaa

Tanggapan: (Jumat, 07 Mei 2021 08:54:27)

Ditunggu saja ya, karena yang memverifikasi data akhir dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Kalau mau lihat/cek dapat atau tidak, dapat dilihat melalui links : eform.bri

Senin, 03 Mei 2021 15:57:42
Pengirim M Udhi
Opini:
Kepada pihak terkait c/q PDAM Kendal Dengan hormat Dirumah saya terjadi kebocoran pipa air pdam beberapa hari yh lalu, saya sudah melapor tp belum ada tindak lanjut. Mohon segera actionnya Terimakasih

Tanggapan: (Selasa, 04 Mei 2021 13:47:04)

untuk respon lebih cepat bisa hubungi kantor pdam, termakasih.

Senin, 03 Mei 2021 10:00:32
Pengirim Yunus Ali
Opini:
Assalamu’alaikum Di kebun saya, Desa Tanjunganom Kec. Rowosari ada sarang tawon vespa afinis (tawon paling berbahaya) sarangnya sangat besar ukurannya jauh lebih besar dr galon air, berada di tengah pemukiman warga Saya sudah melapor ke RT setempat Dan membuat surat permohonan untuk DAMKAR weleri mengetahui RT setempat, untuk pemusnahan sarang tawon tersebut Tapi hingga seminggu lebih belum ada kabar Kami hub damkar weleri nunggu perintah DAMKAR KENDAL kami Hub Damkar kendal nunggu di ACC kepala dll Kami mohon pemerintah kendal untuk menindak lanjuti laporan saya Karena warga sekitar sangat mengharapkan pemusnahan tawon tersebut Sebelum ada korban, kami mohon kepada Pemerintah kabupaten kendal untuk turut membantu demi keselamatan warga Kab. Kendal

Tanggapan: (Selasa, 04 Mei 2021 08:41:46)

baik, sudah kami laporkan kepada pihak damkar. terimakasih atas laporannya. 

Senin, 03 Mei 2021 09:21:25
Pengirim Arief HM
Opini:
Bisa beri penjelasan knpa org yg mampu bisa menerima byk jenis bansos termasuk bpum,.sdgkan yg miskin tdk dapa...??apa yg mwndata goblok semua.

Tanggapan: (Selasa, 04 Mei 2021 08:41:16)

Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa Kementerian Dalam Negeri mempunyai tugas dan fungsi sebagai pembina dan pengawas urusan pemerintahan secara umum. Maka Program BPUM merupakan program bantuan yang secara teknis dikelola oleh Kementerian Koperasi UKM.

Untuk itu, agar dapat memperoleh Bantuan BPUM kami menyarankan kepada pelaku usaha UMKM untuk segera mendaftarkan usahanya kepada Dinas Koperasi UKM agar proses pendataan pelaku UKM dapat ter-update dan segera dilaporkan ke Dinas Koperasi UKM Provinsi, yang nantinya Data tersebut akan langsung diteruskan ke Kementerian Koperasi UKM.

Minggu, 02 Mei 2021 20:52:15
Pengirim Rifki
Opini:
Apakah ada untuk pendaftaran bpum kab kendal pada bulan Mei?

Tanggapan: (Jumat, 07 Mei 2021 08:54:02)

Sesuai instruksi dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Tengah, pendaftaran ditutup tanggal 20 April 2021, untuk selanjutnya menunggu informasi dari Kementerian Koperasi dan UKM RI