Semanis Kita Bersatu Jadikan Kendal Beribadat, Permata Pantura

PD Aneka Usaha

PROFIL PD. ANEKA USAHA DAERAH

 

 

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Visi PD Aneka Usaha Daerah Kabupaten Kendal adalah: “Menjadi Perusahaan yang mandiri, profesional, dan berdaya saing”Mandiri adalah sikap untuk tidak menggantungkan keputusan kepada orang lain. Seorang yang menjalankan wirausaha harus mampu hidup mandiri tidak bergantung dengan orang lain, mampu memberikan keputusan terhadap suatu masalah dalam usahanya. Profesional adalah orang yang memiliki profesi atau pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki kemampuan yang tinggi dan berpegang teguh kepada nilai moral yang mengarahkan serta mendasari perbuatan. Atau definisi dari profesional adalah orang yang hidup dengan cara mempraktekkan suatu keterampilan atau keahlian tertentu yang terlibat dengan suatu kegiatan menurut keahliannya. Jadi dapat disimpulkan profesional yaitu orang yang menjalankan profesi sesuai dengan keahliannya. Berdaya saing adalah konsep perbandingan kemampuan dan kinerja perusahaan untuk menjual dan memasok barang dan atau jasa yang diberikan dalam pasar. Kemampuan menghubungkan dengan lingkungannya, kemampuan meningkatkan kerja tanpa henti serta kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan.

Berdasarkan visi di atas, rumusan Misi PD Aneka Usaha Daerah Kabupaten Kendaladalah :

  1. Membuat dan menyediakan produk dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat Kendal.
  2. Mengembangkan potensi kegiatan usaha perusahaan yang berkelanjutan untuk mendukung laju pendapatan asli daerah guna mendorong percepatan pertumbuhan perekonomian daerah.
  3. Meningkatkan dan menyediakan infra dan supra struktur perusahaan yang efektif dan efisien serta memperkuat struktur kerja dan mengembangkan jaringan kerjasama yang menguntungkan.
  4. Mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan sejahtera yang mampu menguasai dan melaksanakan strategi perusahaan secara cepat dengan dilandasi iman dan takwa.

 

PEMILIK DAN PENGURUS

  1. Aneka Usaha Kabupaten Kendal dimiliki sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Kendal.
  2. Dewan Pengawas

          Ketua         :    Komarudin, SE

          Sekretaris   :    Musyafak, S.Sos

          Anggota      :    Sukmanita Karuni, SE

      3. Direktur : Agus Priya Kusuma, S.T.

      4. Kepala Bagian Operasional : Masruri, SE

      5. Kepala Bagian Umum dan Keuangan : Eri Budiningsih, SE

      6. Kepala Unit:

           1. Kepala Unit Percetakan                            : Fathoni

           2. Kepala Unit Pertanian                              : Joko Wahono, A.Md

           3. Kepala Unit Perdagangan dan Jasa Umum : Yuliarso Wiwoho, SE

           4. Kepala Unit Perbengkelan                        : Agus Nurtri Ardiman, SPd.

 

KEGIATAN USAHA

  1. Aneka Usaha Daerah Kabupaten Kendal didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 6 Tahun 2003 tanggal 30 Juni 2003 yang diubah terakhir dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 3 Tahun 2009 tanggal 3 Februari 2009 tentang Perusahaan Daerah Aneka Usaha Daerah. Kegiatan utama perusahaan pada saat ini, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 6 Tahun 2003 yang diubah terakhir dengan Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 6 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Kabupaten Kendal Nomor 6 Tahun 2003 tentang Perusahaan Daerah Aneka Usaha Daerah pasal 6 ayat 1, PD Aneka Usaha Kabupaten Kendal mempunyai macam-macam bidang usaha yaitu:
    1. Perdagangan dan jasa umum;
    2. Pertanian;
    3. Perbengkelan;
    4. Percetakan;
    5. Sumber daya energi dan mineral; dan
    6. bidang usaha lainnya yang diatur dengan Peraturan Bupati.
    7. Aneka Usaha Kabupaten Kendal berkantor Pusat di Jl. Pemuda No. 17 Pegulon Kendal dan memiliki 4 unit yaitu:
 1.Unit Pelayanan

Unit pecetakan beralamat di Jalan Pemuda No. 17 Pegulon Kendal. Unit percetakan PDAU Kabupaten Kendal mempunyai usaha primer atau utama yang meliputi sparasi, cetak offset dan sablon (Spanduk, Leaflet, Papan Nama, dll). Pelanggan utama saat ini yaitu sebagian Organisasi Perangkat Daerah, BUMN, BUMD dan Swasta di Kabupaten Kendal.

  

 2. Unit Pertanian

 

Unit Pertanian beralamat di Jalan Jenarsari, Weleri, dan Kios PasarBoja.Usaha primer atau utama Unit pertanian PDAU Kabupaten Kendal yaitu sebagai Distributor Pupuk (PT Pusri, Tbk) dan Distributor PT. Pupuk Petrokimia Gresik, serta dan obat-obatan pertanian serta berusaha menjadi agen eksekutif produsen benih jagung (Pioneer). 

Adapun wilayah kerja unit pertanian selaku distributor pupuk urea bersubsidi meliputi:

1.Kecamatan Weleri jumlah pengecer sebanyak 14 pengecer;

2.Kecamatan Ngampel jumlah pengecer sebanyak 20 pengecer;

3.Kecamatan Plantungan jumlah pengecer sebanyak 9 pengecer;

4.Kecamatan Sukorejo jumlah pengecer sebanyak 8 pengecer;

5.Kecamatan Kaliwungu jumlah pengecer sebanyak 4 pengecer.

 3. Unit Perbengkelan

Usaha primer atau utama Unit perbengkelan PDAU Kabupaten Kendal meliputi usaha cuci mobil (Hydrolis) dan motor, service ringan (tuneup), spooring balancing, ganti oli dan invetten, stemfet, penjualan ban mobil/motor, audio dan rencana pengembangan usaha bekerja sama dengan pihak ketiga. Unit perbengkelan berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No. 72, saat ini unit perbengkelan menempati tanah Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kendal (Komplek Workshop DPU).

  

 4. Unit Perdagangan dan Jasa Umum (SPBN)

Dalam Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2015, yang dimaksud dengan usaha di bidang perdagangan dan jasa umum adalah kegiatan usaha yang menurut sifatnya merupakan kegiatan perdagangan dan penyediaan jasa, salah satunya adalah Unit Perdagangan dan Jasa Umum. Usaha primer atau utama Unit Perdagangan dan Jasa Umum PDAU Kabupaten Kendal yaitu pensuplai bahan bakar perahu nelayan (solar) dengan usaha sampingan penjualan oli. Pelanggan utama Unit Perdagangan dan Jasa Umum adalah pemilik perahu (nelayan), UKM (Penggilingan Padi Konvensional), Petani Tambak (Nelayan Darat), dan Mobil Pengangkut Hasil Tangkapan Nelayan. Wilayah operasional Unit Perdagangan dan Jasa Umum meliputi dua lokasi yaitu Nelayan disekitar TPI Bandengan dan TPI Tawang serta tidak menutup kemungkinan nelayan dari luar Kendal yang biasa singgah di TPI Tawang seperti dari Tuban, Demak, dll.