Berita Terkini


DISPORAPAR BERSAMA DPD KNPI KENDAL GELAR SERASEHAN PEMUDA TAHUN 2019

Kamis, 15 Agustus 2019 16:01:22

Kendal- Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal bersama DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kendal mengadakan acara Serasehan Pemuda Tahun 2019 dengan tema “Peran Pemuda Mengisi Kemerdekaan dengan Membangun Daerah”Kamis (15/8/2019) bertempat di ruang rapat Abdi Praja Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Kendal yang diwakili oleh Kepala Disporapar Kendal, Ir. Agung Setiawan dan Ketua DPD KNPI Kendal, Husni Nanang Faruk, serta diikuti oleh seluruh organisasi kepemudaan di Kabupaten Kendal. Dan hadir sebgai narasumber, diantaranya Muhammad Kundarto, SP., MP.,  sebagai Dewan Riset Daerah, Ali Martin, M.Si., sebagai tokoh akademisi da Taufik Huasain, S.Si.

Dalam sambutan Bupati Kendal, yang diwakili oleh Kepala Disporapar Kendal, Agung Setiawan menyampaikan bahwa tidak lama lagi kita bersama akan memperingati hari kemerdekaan Negara Kesatuan Tanah Air Indonesia yang ke 74. “Besok, pada tanggal 17 Agustus negara kita tercinta ini akan ulang tahun yang ke-74 (tujuh puluh empat) tahun. Maka dari itu, bulan yang sejarah ini mari kita jadikan sebuah kenangan serta berkaca pada perjuangan bangsa pada saat itu. Saat ini kita hidup dipola modern, hidup dengan serba fasilitas dan serba ada, sehingga kita semua patut bersyukur pada Allah SWT, karena kita terlahir pada era yang bebas dari segala penjajahan,” ujarnya.

“Demi menjunjung tinggi kemerdekaan dan persaudaraan, seyogyanya bulan ini kita dijadikan moment mengingat jasa pahawan kita, dengan memperingati Hari Ulang Tahun Kermerdekaan Republik Indonesia. Semangat perjuangan dan pengorbanan itu menjadi warisan luhur sejarah yang tak kenal padam di tengah hantaman perubahan jaman. Semangat inilah yang harus kita jaga dan warisi dari para pendiri bangsa. Sangat tidak berbudi jika kita generasi masa kini mengkhianati perjuangan bangsa. Menghargai jasa dan pengorbanan itu adalah dengan merawat dan menjaga Indonesia sepanjang hayat kita,” tutur Kepala Disporapar Kendal tersebut.

Agung menambhakan, “sebagai generasi muda mempunyai  tanggung jawab untuk meningkatkan dan mengembangkan kesadaran kaum muda untuk mengisi kemerdekaan. Tentunya hal itu harus diisi dengan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mempercepat pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, di era sekarang ini, peranan pemuda dalam membangun Tanah Air tampak menurun. Pemuda saat ini hanya mengutamakan kesenangan sendiri dan kelompok. Bahkan yang lebih menyedihkan, banyak pemuda-pemudi yang tidak lagi mempunyai rasa nasionalisme. Kondisi yang demikian tidak boleh dilanjutkan, karena akan menggerogoti rasa kebangsaan, dan membuat negara terpecah belah”.

Ia juga mengatakan, derasnya arus globalisasi yang ada saat sekarang ini, tanpa disadari dapat menggeser nilai-nilai bangsa, bernegara dan bermasyarakat. Bahkan  membuat degradasi nilai moral, etika, patriotisme, semangat kesatuan dan persatuan diantara generasi muda. “Untuk itu, diperlukan pemahaman kembali dan menata kepemudaan dengan penguatan-penguatan wawasan kebangsaan. Pemuda harus paham betul Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dengan begitu, semangat dan cinta tanah air pemuda pun akan semakin kuat,” ungkap Agung.

Bupati Mirna melalui Agung Setiawan juga berpesan kepada para kaum pemuda untuk berpartisipasi membangung bangsa. “Pada kesempatan ini, saya menekankan agar para pemuda, harus dapat berperan serta dalam pembangunan daerah. Karena sebagai pemuda penerus bangsa, masa depan keutuhan bangsa dan negara ada ditangan calon-calon pemimpin bangsa,” tutup Kepala Disporapar mengakhiri sambutan Bupati Kendal.

Sementara itu, Nanang Husni Faruk mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan dalam segala bidang kepada para kaum muda di Kabupaten Kendal. “Harapanya dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan wawasan ilmu pengetahuan dalam segala bidang terhadap generasi muda Kabupaten Kendal, karena pada kegiatan ini kami menghadirkan berbagainarasumber, baik dari tokoh akademisi, Dewan Riset Daerah dan tokoh pemuda yang menyampaikan berbagai macam aspek, ada ekonomi, sosial, hukum dan lain sebagainya,” tuturnya.

(Diskominfo/HR)


Indeks Berita