Berita Terkini


PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP DI KENDAL, GRATIS

Rabu, 14 Maret 2018 11:22:43

KENDAL - Salah satu upaya pengentasan kemiskinan dengan terus menggulirkan serangkaian program pro rakyat salah satu diantaranya adalah program pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi masyarakat Kendal.

Dalam kepenggurusan program PTSL ini adalah “GRATIS”, apabila berkas pengajuan sudah lengkap dan tinggal diajukan saja ke Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal Moh. Toha, ST, MSi dalam sambutannnya pada kegiatan Sosialisasi Program Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi masyarakat di Kabupaten Kendal Tahun 2018, Rabu (14/3) di Hotel Sae Inn Kota kendal, menyampaikan apresiasi atas perhatian dan dukungan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal dengan menngulirkan program PTSL.

"Telah kita ketahui bersama bahwa tantangan ke depan semakin berat karena kita dituntut untuk mendaftarkan secara sistematis bidang demi bidang tanah. Kalau targetnya adalah kuantitas tanpa diimbangi dengan kualitas maka sekali lagi, satu bidang tanah saja bermasalah, maka satu kezoliman akan menyebar," ucap Sekda Toha.

Toha mengharapkan kepada seluruh Kepala Desa agar dapat mensukseskan program sertipikat PTSL ini. Sekda meminta para kepala desa memberikan arahan yang benar kepada warganya dan membuat kesepakatan bersama.

"Semua itu untuk menjaga diri kita dari tekanan siapapun karena apa yang kita lakukan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat. Buktikan bahwa panjenengan semua dapat melayani profesional dan lebih baik dari sisi kualitas produk yang kita hasilkan," katanya.

Pemerintah Kabupaten Kendal, menurut Sekda menghapkan supaya sosialisasi ini dapat menjadi salah satu solusi untuk memberikan pemahaman bagi aparatur desa dan semua pihak dalam meminimalisasi terjadinya konflik-konflik pertanahan. Selain itu, dengan program PTSL diharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah serta terciptanya pelayanan prima dan optimal kepada masyarakat di bidang pertanahan.

"Pada kesempatan ini, saya berharap kegiatan ini untuk benar-benar diikuti dengan baik dan memahaminya. Saya tidak mau kegiatan ini hanya dijadikan ajang seremonial tapi harus dapat bermanfaat dan dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya dalam bekerja sehari-hari baik itu di Kecamatan, Kelurahan maupun di seluruh Desa. Karena apa yang kita lakukan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat," tandas Sekda Toha.

Sementara Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kendal, Heri Fathurahman, SH, MH mengatakan, pada Tahun 2018 ini Kabupaten Kendal mendapatkan alokasi pensertipikatan tanah sebanyak 43.000 (empat puluh tiga ribu) bidang tanah disebar di 13 Kecamatan 46 Desa.

"Semoga dengan program ini masyarakat di Kabupaten Kendal mempunyai keinginan untuk menyertifikatkan tanahnya. Tujuannya agar masyarakat mempunyai sertifikat tanah yang berdasarkan hukum dan juga bermanfaatuntuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya. ( Kominfo / heDJ )

 

 


Indeks Berita